Pemilu 2024

PBNU: Selamat Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 21 Maret 2024 | 19:42 WIB
PBNU ucapkan selamat kemenangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/NU online)
PBNU ucapkan selamat kemenangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/NU online)

SinPo.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang memenangkan Pilpres 2024. Kemenangan Prabowo-Gibran telah diputuskan KPU berdasarkan hasil rekapitulasi suara secara nasional tadi malam.

"Selamat kepada Pak Prabowo Subianto dan Pak Gibran Rakabuming atas ditetapkannya sebagai pemenang pilpres," kata Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2024.

Gus Yahya juga mengucapkan selamat kepada partai politik (parpol), calon legislatif hingga calon senator yang memenangkan suara pada Pemilu 2024. Dia berharap para pemenang bisa menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya.

"Sekali lagi selamat, mari tidak menunggu waktu untuk bekerja sama di dalam mengatasi masalah di bangsa ini," kata dia.

Gus Yahya berpesan kepada seluruh masyarakat supaya tetap tenang merespons isu sengketa Pemilu 2024. Dia meminta agar masyarakat berpikir dingin untuk mencari jalan keluar dengan tenang.

"Jadi kami minta supaya masalah apapun diselesaikan dengan mengikuti jalur semestinya. Seperti yang disampaikan beberapa waktu lalu," kata Gus Yahya.

Dia juga menyebut masalah apapun bisa diselesaikan, misalnya jika sangkut paut dengan hukum diselesaikan lewat jalur hukum. Kemudian, jika masalah politik bisa diselesaikan melalui prosedur politik kelembagaan.

"Jangan sampai ada yang berpikiran membuat manuver yang dapat memicu instabilitas di tengah masyarakat," tegasnya.

Menurut Gus Yahya, saat ini masyarakat perlu mengalihkan fokus untuk membantu saudara-saudaranya yang terdampak bencana di Jateng dan Sumatra Barat. Dia menilai ini lebih baik alih-alih terus berkutat membicarakan masalah Pemilu 2024.

Di Jateng, tepatnya Kabupaten Demak, warganya sedang terkena musibah banjir akibat tanggul jebol. Lebih dari 2000 warga yang terdampak banjir tersebut.

"Masyarakat kita ini sedang butuh konsentrasi agar bisa tertolong dari masalah yang berat dan membutuhkan kerja sama kita semua. Mari kita selesaikan semua alur, proses politik ini dengan tenang, baik, dan agenda tugas pekerjaan yang menanti kita, mari segera kita laksanakan sebaik baiknya," katanya.sinpo

Komentar: