Kemenhub Siapkan Rp15,3 Miliar Subsidi Tiket Kapal Mudik Gratis

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 23 Maret 2024 | 10:11 WIB
Ilustrasi pemudik antrian di pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, Maluku Utara. (SinPo.id/Antara)
Ilustrasi pemudik antrian di pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, Maluku Utara. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Perhubungan (Kemenhub) Hendri Ginting mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp15,3 miliar untuk menyubsidi tiket kapal program mudik gratis melalui moda transportasi laut.

"Kalau tahun ini kita subsidi tiket. Jadi memang ada kenaikan anggaran dari Rp10,2 miliar tahun sebelumnya, tahun ini menjadi Rp15,3 miliar," kata Hendri dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 23 Maret 2024.

Hendri menerangkan, ada perubahan pola pelaksanaan mudik gratis tahun ini. Jika tahun 2023, Kemenhub menyewa kapal Pelni, di tahun ini dengan sistem subsidi tiket.

"Jadi sangat besar sekali kita siapkan untuk subsidi tiket ini, tapi akan lebih efisien lagi dengan subsidi tiket saja. Tidak dengan mengoperasikan kapal," ujarnya.

Hendri menilai, pola subsidi tiket ini akan lebih efektif dan efisien, dalam rangka mencegah kekosongan kapal saat hari pemberangkatan mudik gratis.

"Karena kalau mengoperasikan kapal sepertinya sama yang dialami dengan teman-teman yang ada di Ditjen Perhubungan Darat, banyak yang daftar tetapi di hari pemberangkatan tidak penuh kapalnya," tukasnya.sinpo

Komentar: