Ratusan Ribu Penumpang Diprediksi Padati Bandara Soetta saat Lebaran

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 30 Maret 2024 | 13:38 WIB
Bandara Soekarno-Hatta. (SinPo.id/Kemenpan RB)
Bandara Soekarno-Hatta. (SinPo.id/Kemenpan RB)

SinPo.id - Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda memperkirakan, sebanyak 188.795 penumpang kemungkinan akan memenuhi Bandara Soetta saat puncak arus mudik Lebaran 2024. Hal ini dilihat data penumpang tahun ini.

"Artinya, naik 7 sampai 8 persen bila dibandingkan tahun lalu, atau kalau proyeksi 2024 ini benar, yakni pergerakan penumpang mencapai 188 ribu lebih pax, maka hampir 100 persen dibandingkan tahun 2019” kata Dwi dalam keterangannya, Sabtu, 30 Maret.

Dwi juga memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang bahkan mencapai 192.054 orang pada pada H+4 lebaran. 

"Jumlah produksinya lebih tinggi lagi dibanding arus mudik Lebaran, yakni sebanyak 192.054 pax," tuturnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya melakukan ramp safety sisi udara. Disisi pelayanan, pihaknya melakukan pengujian keandalan kelistrikan di seluruh terminal. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Melakukan ramp safety campaign di sisi udara, terminal safety campaign tidak lupa kita melakukan uji kelistrikan bandara soetta dan beberapa operasi bersama polres untuk lalu lintas," ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi mengingatkan seluruh maskapai, apabila terjadi keterlambatan dalam penerbangan, segera informasikan kepada Bandara, agar penumpang mendapatkan pelayanan terbaik.

"Kita harap Airlines juga menginformasikan secepat mungkin sehingga kita mungkin kita bisa berikan informasi juga lebih awal ke penumpang memberikan jaminan kepastian dia kapan berangkat dan tentunya kasih hiburan makanan minuman," tukasnya.sinpo

Komentar: