Jelang Lebaran, HIPMI Kerahkan Anggota Tekan Harga Barang

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 07 April 2024 | 11:35 WIB
Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira. (SinPo.id/Istimewa)
Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira mengimbau seluruh anggota HIPMI sebagai pelaku ekonomi, untuk bisa menekan harga barang dengan meningkatkan suplai barang ke pasar.

Menurut dia, pada momen menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat kerap dihadapkan dengan kenaikan harga-harga, baik itu pangan hingga transportasi.

"Dengan meningkatkan suplai barang ke pasar, setidaknya bisa menekan harga-harga agar tidak melambung terlalu tinggi," kata Angga dalam keterangannya, Minggu, 7 April 2024.

Angga menjelaskan, melambungnya harga barang pangan dan kebutuhan hari raya dikarenakan permintaan pasar yang besar. Namun, permintaan ini kerap tak diikuti peningkatan suplai barang.

Hal menjadi stimulus harga-harga mengalami lonjakan harga dan pelaku ekonomi saat ini dituntut untuk bisa menyalurkan barang mengimbangi permintaan pasar. Selanjutnya adalah mempercepat jalur distribusi barang. Cara ini juga solusi menekan kenaikan harga.

"Jika jalur distribusi barang dipercepat, maka suplai barang ke pasar pun akan meningkat sehingga masyarakat tak bisa memenuhi kebutuhannya dan mengurangi kelangkaan barang di momen-momen penting seperti Idul Fitri," tuturnya.

Lebih lanjut, Angga kembali mengimbau anggota HIPMI untuk meningkatkan produksi. Karena permintaan yang besar dan banyak membuat barang menjadi langka. 

"Diharapkan dengan tersedianya barang melalui peningkatan produksi, kelangkaan barang dan kenaikan harga bisa ditekan. Ini menjadi solusi bersama bagi masyarakat dan juga pelaku bisnis," imbaunya.sinpo

Komentar: