ARUS BALIK LEBARAN 2024

Arus Balik, Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Dalam Kota

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 13 April 2024 | 17:48 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (SinPo.id/ Humas Polda Metro)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (SinPo.id/ Humas Polda Metro)

SinPo.id - Polda Metro Jaya menyebut bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Tol Dalam Kota untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik Lebaran 2024.

"Kita akan melakukan contraflow, yaitu dari Pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, Sabtu, 13 April 2024.

Kendati demikian, kata dia, penerapan rekayasa lalu lintas ini merupakan langkah terakhir yang akan diambil pihaknya dalam upaya untuk mengurai kemacetan. Dia mengatakan, satu juta kendaraan diprediksi akan kembali ke Jakarta pada arus balik Lebaran 2024.

"Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1.035.000 sekian kendaraan yang keluar," tuturnya. 

Lebih lanjut, Latif menyarankan pemudik untuk memanfaatkan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai tol fungsional yang dibuka mulai 06.00-17.00 WIB. Hal itu, untuk mengantisipasi adanya kemacetan di simpang susun Tol Cikunir.

"Masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis-Cibitung), tidak melewati ke Cikunir. Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," kata Latif. 

"Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang, silakan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper, yaitu Tanjung Priok, akan lebih mudah," sambungnyasinpo

Komentar: