Jasa Marga Antisipasi Banjir di Tol Japek Saat Arus Mudik Lebaran

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 15 April 2024 | 12:13 WIB
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2024 di Tol Cikampek. (SinPo.id/Ashar)
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2024 di Tol Cikampek. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Jasa Marga Tollroad Maintenance (JMTM) menyiagakan sejumlah peralatan peningkatan kapasitas pompa statis pada lokasi-lokasi rawan genangan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), dalam melayani arus balik Lebaran.

Hal ini sebagai antisipasi potensi genangan akibat curah hujan yang akhir-akhir ini berkisar pada intensitas sedang menuju tinggi di sepanjang Tol Japek. 

"Kami mengantisipasi kondisi cuaca tersebut dengan menyiagakan 4 unit pompa mobile submersible sebanyak 2 unit dengan kapasitas 20 liter per detik dan 2 unit dengan kapasitas 10 liter per detik, 2 unit early warning system di KM 19B dan 8B, serta 4 tim cepat tanggap drainase," kata Direktur Utama PT JMTM Suchandra P. Hutabarat kepada wartawan, Senin, 15 April 2024. 

Suchandra melanjutkan, khusus di ruas tol MBZ, seluruh inlet drain jalan layang selalu dalam kondisi bersih. Tujuannya jika hujan, air langsung mengalir dan tidak terjadi water ponding (genangan 1-5 cm) untuk menghindari kendaraan mengalami aquaplaning.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan di jalur utama, PT JMTM juga menerjunkan 6 tim cepat tanggap kebersihan yang disiagakan di sepanjang Jalan Tol Japek. 

Sementara, untuk upaya peningkatan keselamatan, untuk menunjang rekayasa lalu lintas contraflow arus mudik dan balik pihaknya telah memasang reflektor sebanyak 3.000 buah di Median Concrete Barrier dari KM 36+800 sampai dengan KM 72+400. 

"Kami juga telah menyelesaikan pekerjaan perbaikan guardrail di KM 58+500 Jalur B sehingga keamanan pengguna jalan tetap terjaga terutama di periode arus balik," tandasnya.sinpo

Komentar: