Harga Pohon Natal Tahun Ini Jauh Lebih Mahal Dibanding Sebelumnya

Laporan: Samsudin
Rabu, 01 Desember 2021 | 09:13 WIB
Pohon Natal di AS tahun dipastikan jauh lebih mahal/net
Pohon Natal di AS tahun dipastikan jauh lebih mahal/net

SinPo.id - Pohon Natal di Amerika Serikat (AS) pada tahun ini harganya akan jauh lebih mahal karena adanya gangguan rantai pasokan, demikian dilaporkan lembaga penyiaran Rusia RT baru-baru ini.

Gangguan rantai pasokan dapat menyebabkan penundaan yang panjang dan kenaikan harga pohon Natal tahun ini, kata RT dalam sebuah artikel, dikutip dari Xinhua News, Rabu (1/12), mengutip pernyataan American Christmas Tree Association (ACTA).

Menurut ACTA, biaya pengiriman bisa naik tiga kali lipat dan waktu pengiriman bisa dua kali lipat lebih lama dibandingkan dengan tahun lalu, karena pohon buatan dari sejumlah negara seperti China harus diubah jalannya ke Pantai Timur AS lantaran sejumlah pelabuhan Pantai Barat telah kelebihan kapasitas selama berbulan-bulan.

Sementara itu, harga pohon asli juga bisa lebih mahal 5-10 persen dibandingkan tahun lalu karena meningkatnya biaya transportasi dan faktor lingkungan, termasuk kebakaran hutan di barat laut negara itu, demikian menurut artikel tersebut.sinpo

Komentar: