Novel Baswedan Ungguli Firli Bahuri Sebagai Capres Tokoh Antikorupsi

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 20 Desember 2021 | 10:16 WIB
Firli Bahrui vs Novel Baswedan/net
Firli Bahrui vs Novel Baswedan/net

SinPo.id - Elektabilitas Eks penyidik Komisi Pembersntasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengungguli elektabilitas Ketua KPK, Firi Bahuri dalam survei yang dilakukan Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengungkapkan, survei dilakukan terhadap tokoh antikorupsi untuk mencari calon presiden. Selain itu, lanjut Adi, survei juga dilakukan untuk melihat elektabilitas tokoh dari berbagai element lain.

Di antaranya tokoh dari partai politik, tokoh non partai, tokoh perempuan, tokoh TNI/ Polri/ Purnawirawan, tokoh menteri hingga tokoh Kepala Daerah.

"Novel Baswedan 28,6 persen, Abraham Samad 22,8 persen, Bambang Widjayanto 9,1 persen, Firli Bahuri 8,9 persen dan Febri Dihansyah 3,4 persen," papar Adi dalam paparannya, Minggu (19/12).

Sedangkan tokoh antikorupsi lain yang bukan berasal dari KPK yaitu Sudirman said 3,9 persen serta Basuki tjahaja purnama dan Sandiaga Uno masing - masing 1,2 persen.

Survei dilakukan KedaiKOPI terhadap 1200 orang di 32 provinsi Indonesia, dilakukan antara 16 s.d 06 November 2021 dilakukan di 34 provinsi di Indonesia, dengan menggunakan metode face to face interview atau home visit. Margin error survei ini sekitar 2,83 persen.

Dalam Survei yang dilakukan KedaiKOPI ini, menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul dari segi Elektabilitas Tokoh Menteri. Prabowo unggul 47, 5 persen diikuti menteri lainya  yaitu Sandiago Uno 21,9 persen, Tri Rismaharini 12,6 persen, Erick Tohir 6,5 persen dan Airlangga Hartanto 1,6 persen.

Dari hasil survei juga terungkap bahwa responden ingin memilih calon presiden yang cerdas dan visioner lebih tinggi dari pada merakyat dan tegas.

"Hasil temuan ini menunjukan tren yang mulai bergeser dan kerinduan pemilih akan pemimpin yang cerdas dan visoner," tutup Adi.sinpo

Komentar: