Resolusi 2022! Sekjen PBB: Mari Jadikan Sebagai Tahun Pemulihan Bagi Kita Semua

Laporan: Samsudin
Jumat, 31 Desember 2021 | 09:30 WIB
Sekjen PBB  Antonio Guterres/net
Sekjen PBB Antonio Guterres/net

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyerukan kepada semua penduduk dunia untuk mengupayakan pemulihan yang bermanfaat bagi manusia, Bumi, dan kemakmuran.

"Dunia menyambut 2022 dengan penuh harapan. Masa depan kita semua sedang diuji oleh jurang kemiskinan yang semakin dalam dan ketidaksetaraan yang kian memburuk. Kita juga diuji distribusi vaksin COVID-19 yang tidak merata. Ada juga komitmen perubahan iklim yang gagal dipenuhi, serta oleh konflik, perpecahan, dan disinformasi yang masih berlangsung," keluh Sekjen PBB itu.

Hal-hal tersebut "tidak hanya ujian kebijakan” semata, tetapi juga merupakan "ujian moral dan kehidupan nyata," tuturnya dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Xinhua News, Jumat (31/12).

Namun, hal-hal tersebut merupakan ujian yang dapat dilalui umat manusia, "jika kita berkomitmen untuk menjadikan 2022 sebagai tahun pemulihan bagi semua orang," ujar Guterres.

Guterres kemudian menguraikan bagaimana pemulihan harus dilakukan di setiap lini.

“Sangat penting bahwa setiap orang perlu divaksinasi untuk melawan pandemi,” sebutnya.

Sedangkan untuk pemulihan ekonomi, Sekjen PBB itu menekankan bahwa negara-negara yang lebih kaya harus mendukung negara berkembang lewat "pendanaan, investasi, dan penghapusan utang."

Sementara itu, untuk pemulihan dari rasa ketidakpercayaan dan perpecahan, Guterres menegaskan bahwa fokus baru harus ditempatkan pada "sains, fakta, dan akal sehat".

Sementara untuk resolusi konflik, ia menyerukan "sebuah semangat dialog, kompromi, dan rekonsiliasi yang diperbarui," memulihkan planet ini membutuhkan "komitmen iklim yang sesuai dengan skala dan urgensi krisis," ujar Guterres.

Selain itu, Guterres mencatat bahwa "momen-momen kesulitan besar juga dapat menjadi momen yang tepat bagi terciptanya peluang besar untuk bersatu dalam solidaritas" karena momen tersebut memberikan kita kesempatan "untuk bersatu dalam solusi yang bermanfaat bagi semua orang.

Dan, untuk bergerak maju bersama, dengan berharap pada sesuatu yang dapat dicapai oleh umat manusia."

“Bersama-sama, mari kita jadikan tahun 2022 sebagai resolusi pemulihan untuk kita semua,” pungkas Sekjen PBB itu.

"Saya mengucapkan selamat Tahun Baru yang damai dan Bahagia bagi kita semua," demikian Guterres.sinpo

Komentar: