Wajah Kaesang Di Garuda Dan Suntikan Modal Es Doger Rp 71 Miliar Ramai Disorot

Laporan: Samsudin
Minggu, 16 Januari 2022 | 15:40 WIB
Ilustrasi. Bisnis es doger Gibran Rakabuming disuntuk modal Rp 71 Miliar/net
Ilustrasi. Bisnis es doger Gibran Rakabuming disuntuk modal Rp 71 Miliar/net

SinPo.id - Dua putra Jokowi, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka masih menjadi perbincangan netizen. Usai dilaporkan ke KPK, kedua kakak beradik itu rupanya masih disorot netizen karena dua hal ini.

Netizen menyoroti keberadaan wajah Kaesang di snack yang dibagikan ke penumpang Garuda. Sementara Gibran terkait suntikan modal Rp 71 Miliar ke usaha es dogernya.

Diketahui, baru-baru ini beredar foto paket makanan di pesawat Garuda Indonesia yang salah satu kemasan snack atau makanan ringannya memuat gambar ilustrasi wajah putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Foto itu ternyata merupakan paket makanan yang disediakan maskapai Garuda dalam penerbangan Desember 2021 lalu. Terkait foto itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra lantas merespons hal tersebut.

Ia dengan tegas mengatakan akan menarik snack yang kemasannya bergambar Kaesang untuk menghindari konflik kepentingan. Meskipun hingga kini, dia memastikan keberadaan snack itu tidak bermaksud apa-apa.

"Kita lagi minta ditarik dari Garuda, minta TRICKS untuk ganti dengan kemasan polosan. Pasti kita hindari (jika ada konflik kepentingan)," kata Irfan.

Pegiat media sosial yang juga juru bicara partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya turut bersuara adanya snack berwajah Kaesang di Garuda.

Menurut Tofa-sapaan akrabnya, kemungkinan ada orang yang sengaja menitipkan dagangan itu ke Garuda.

“Kemungkinan ada yang sengaja nitip dagangan disitu,” ucap Tofa dilansir dari twitter pribadinya, Minggu (16/1).

Ia pun tak heran jika ada upaya titip menitip di maskapai penerbangan plat merah ini. Sebab sebelumnya ada direksi yang menitipkan sepeda bahkan motor gede (Moge).

“Kapan hari, kan ada juga yang nitip sepeda. Moge juga pernah dititipin. Kayaknya memang itu, jadi tempat titipan. #WajarKalauBangkrut,” sindirnya.

Bisnis Gibran

Bisnis yang dijalani Gibran Rakabuming Raka dicurigai akibat mendapatkan dana suntikan Rp 71 miliar. Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka memiliki bisnis, salah satunya yaitu usaha es doger.

Dana suntikan Rp 71 miliar tersebut langsung menjadi sorotan pakar Information Technology (IT), Sammy Notaslimboy. Dikutip di akun Twitter pribadinya, Sammy menilai usaha yang dijalankan oleh Gibran masih terbilang baru.

Iapun mencurigai bisnis Gibran, lantaran sudah mendapatkan dana hingga Rp 71 miliar.

"Bisnis ginian yang terhitung baru, dapat suntikan dana Rp 71 M. Sepertinya janggal dan orang-orang hanya males masalahin aja," imbuhnya.

Menurut Sammy, apabila ada yang melaporkan ke KPK itu bukanlah sesuatu yang tiba-tiba.

"Jadi kalau ada yang gerak laporin KPK, yang nggak ujug-ujug juga. Kebanyakan orang, ya males repot," ungkapnya.

Seperti diketahui, Gibran mendapatkan suntikan modal senilai 5 juta dolar AS setara Rp 71 miliar. Suntikan dana tersebut dia dapatkan untuk bisnis start up Goola.

Diketahui, suntikan dana tersebut berasal dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.sinpo

Komentar: