Beda Penentuan Awal Ramadhan Pemerintah Dan Muhammadiyah Lumrah! Ace Hasan: Hargai Perbedaan Tersebut

Laporan: Farez
Sabtu, 02 April 2022 | 10:02 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadziliy/net
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadziliy/net

SinPo.id - Keputusan pemerintah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022 yang berbeda dengan Muhammadiyah yang harus dihargai. 

Pemerintah menetapkan dengan Sidang Itsbat Kementerian Agama (Kemenag) dan metode Rukyatul Hilal. 

Ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H ini pada tanggal 2 April 2022 berdasarkan pada metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal. 

"Dengan adanya perbedaan ini, tentu kita tak harus berpolemik. Perbedaan itu biasa dalam penetapan awal Ramadhan. Kedua-duanya memilki dasar hukum yang kuat menurut fiqh Islam dalam penentuan awal Ramadhan ini," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadziliy dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (2/4). 

Menurut Ace, perbedaan antara Pemerintah dengan Muhammadiyah itu bagian dari khazanah kekayaan umat Islam dalam menentukan awal Ramadhan.

"Bagi kami, perbedaan ini bagian cara kita menyikapi bagaimana melihat perbedaan secara bijaksana. Harusnya, tak perlu dipersoalkan," tuturnya. 

"Yang terpenting bagi kita adalah kita menjaga kesucian Ramadhan dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan tersebut," demikian Ace.sinpo

Komentar: