Akan Berstandarisasi FIFA, Revitalisasi Stadion Tugu Markas Persitara Telan Anggaran 181 Miliar

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 13 Oktober 2022 | 09:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hadir dalam acara ulang tahun Persitara/ Instagram Persitara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hadir dalam acara ulang tahun Persitara/ Instagram Persitara

SinPo.id - Stadion Sepak Bola Tugu Jakarta Utara yang merupakan markas dari klub Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta Utara (Persitara) akan direvitalisasi mengikuti standar FIFA, dengan menelan Anggaran Rp181 Miliar.

Revitalisasi Stadion Tugu ini dilakukan, karena adanya kebutuhan perbaikan kondisi serta kualitas stadion yang sudah tidak representatif, baik lapangan utama maupun fasilitas penunjang lainnya.

"Harapannya, stadion ini bisa selesai pada November 2023 dengan menelan biaya sekitar 181 miliar rupiah, di mana pada tahap awal akan dialokasikan sekitar 80 miliar rupiah," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam keterangan tertulis, Kamis 13 Oktober 2022.

Anies mengatakan berbagai fasilitas yang diupayakan di stadion tersebut adalah untuk menjadikan kawasan ini bertaraf internasional, serta bisa digunakan oleh semua lapisan warga Jakarta.

"Karena itu, kita usung konsep yang nantinya akan diintegrasikan dengan lingkungan, serta menguntungkan perekonomian warga di sekitar stadion. Hal ini tentunya mengusung standar yang sudah ditetapkan FIFA," ujar Anies.

Lebih lanjut Anies berharap fasilitas olahraga ini menjadi sarana peningkatan kebugaran, penyaluran hobi, serta tempat dilahirkannya calon atlet berprestrasi, hingga bermanfaat sebagai ruang ketiga, yaitu tempat berinteraksi, sekaligus motor penggerak kesejahteraan masyarakat sekitar.

Untuk diketahui, stadion Tugu Jakarta Utara merupakan fasilitas olahraga milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berdiri sejak tahun 1987.

Dengan kapasitas penonton kurang lebih 2.000 orang, saat ini, stadion yang berdiri di atas lahan seluas 35.000 m2 ini aktif digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berolahraga. Stadion juga menjadi home base kesebelasan Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta Utara (Persitara) yang sedang berlaga di Liga 3.

Revitalisasi Stadion Tugu dilatarbelakangi oleh beberapa hal diantaranya usia stadion yang sudah tua, adanya kebutuhan perbaikan kondisi serta kualitas stadion yang sudah tidak representatif, baik lapangan utama maupun fasilitas penunjang lainnya.

Selain itu, terdapat permohonan dari Persitara, sebagai salah satu klub besar di DKI Jakarta. Saat ini klub berjuluk Laskar si Pitung menggunakan Stadion Tugu sebagai home base mereka untuk pertandingan, latihan, dan pembinaan atlet sepak bola di Jakarta Utara.

Bentuk peningkatan kualitas yang diharapkan antara lain:

- Standarisasi lapangan; Standarisasi ukuran dan material lapangan sesuai standar FIFA.

- Penggantian dari rumput alami menjadi rumput sintetis.

- Standarisasi pencahayaan lapangan sesuai standar FIFA/SNI.

- Penambahan kapasitas penonton dari 2000 menjadi 4000 penonton

- Standarisasi fasilitas pemain, meliputi ruang tim, wasit, ruang kesehatan, dan lain sebagainya sesuai standar FIFA

- Konsep kelayakan stadion; Revitalisasi stadion ditargetkan agar dapat mewadahi pertandingan sampai dengan tingkat divisi 1 liga nasional.sinpo

Komentar: