Catat, Ini Aturan Buka Puasa Ramadan 2024 di Transjakarta dan MRT

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 12 Maret 2024 | 06:16 WIB
Penumpang MRT (SinPo.id/dok. KaI)
Penumpang MRT (SinPo.id/dok. KaI)

SinPo.id - Sejumlah layanan transportasi umum di Jakarta seperti Transjakarta dan MRT akan memperbolehkan penumpangnya untuk berbuka puasa dengan makan atau minum.

Namun demikian, semua kelonggaran tersebut harus sesuai dengan ketentuan. Layanan transportasi juga akan menerapkan pelaksanaan berbuka puasa selama bulan Ramadan 2024.

Seperti dikutip akun Instagram TransJakarta dan MRT, penumpang diperbolehkan makan dan minum pada saat berbuka puasa dengan maksimal waktu 10 menit.

"Makan dan minum di dalam bus Transjakarta diperbolehkan pada saat berbuka puasa dengan maksimal waktu 10 menit sejak azan magrib," tulis unggahan foto di akun instagram @pt_transjakarta, dikutip Senin, 11 Maret 2024.

Kemudian penumpang tidak diperkenankan mengonsumsi nasi dan lauk pauk, makanan menyengat, dan makanan siap saji lainnya di dalam bus. Pelanggan dapat berbuka puasa dengan air minum, kurma, atau makanan ringan.

"Tetap menjaga kebersihan dan ketertiban bersama," lanjutnya.

Selain itu, penumpang juga dapat menuju area ritel atau komersial yang terdapat di halte-halte Transjakarta untuk membeli makanan berbuka puasa.

Tidak jauh berbeda seperti Transjakarta, MRT Jakarta juga memperbolehkan penumpang untuk berbuka puasa di dalam gerbong. Namun, membatalkan puasa hanya dengan air kemasan atau tumbler dan kurma.

"Selama bulan Ramadan, MRT Jakarta merapkan kebijakan untuk memperbolehkan teman-teman membatalkan puasa ketika berada di area berbayar stasiun serta di dalam Ratangga saat jam berbuka puasa telah tiba," jelas akun MRT dalam caption unggahannya.

"Kamu dapat membatalkan puasa dengan mengkonsumsi air mineral/minum dalam tumbler dan kurma, ya," sambungnya.sinpo

Komentar: