Pengamat: Anies Bekerja Tapi Diluar Janji Kampanye

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:35 WIB
Pengamat Politik Adi Prayitno/SinPo.id
Pengamat Politik Adi Prayitno/SinPo.id

SinPo.id -  Pengamat Politik, Adi Prayitno memberikan penilaian terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan selama 5 tahun menjabat. 

Menurutnya, ada sesuatu yang sudah dilakukan diluar 23 janjinya yang dikritisi fraksi PDI-P. 

“B lah ya nilainya, antara 6 sampai 7. Kenapa B? Karena kita harus akui ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Anies, sekalipun itu diluar janji politiknya,” kata Adi kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis 13 Oktober 2022.

Kendati PDIP menyebut hanya 5 yang terealisasi dari 23 janji kampanye nya. Ia menilai, beberapa program yang menjadi klaim politik ingin ditunjukan Anies, bahwa selama ini dia sudah bekerja. 

"Misalnya formula E, terlepas itu sekarang ada persoalan karena masih diusut oleh KPK, dan JIS juga tidak bisa kita pungkiri sebagai manifesto dari politik Anies yang ingin ditunjukan kepada publik, sebagai Gubernur dia sudah melakukan sesuatu," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Adi, sesuatu yang menurutnya dikerjakan oleh Anies diluar janjinya ialah seperti trotoar, jalur sepeda kemudian revitalisasi, dan tempat-tempat strategis seperti TIM ataupun Taman Mini. 

"Dan itu bagian dari wujud apa yang ingin ditunjukan, tentang legacy yang dia tinggalkan tapi sekali lagi hal-hak yang dilakukan oleh Anies itu ada diluar janji politiknya," urainya. 

"Makanya bagi kita sebagai ke ikut arus, agak hati-hati untuk menyimpulkan nilai Anies itu, nilai kompromi bagi saya B," tambahnya. 

Problemnya, kata Adi, ketika publik tidak melihat secara umum dan tidak terfokus kepada janji politik setelah Anies lengser, yang dibicarakan ialah JIS, jalur sepeda dan pelebaran trotoar yang menjadi sesuatu yang sudah dilakukan oleh Anies. 

"Itu adalah klaim politik, klaim ingin tunjukkan bahwa anies bekerja, okelah yang 23 itu minus menurut Fraksi PDIP dan PSI kira-kira begitu, tapi Anies ingin tunjukkan pada yang lain ada sesuatu yang sudah dia lakukan," tuturnya. 

Maka dari itu, lanjut Adi, tidak bisa dipungkiri Anies telah melakukan sesuatu yang sudah dikerjakan, bahkan bertaraf internasional yang bisa dibanggakan. 

"Itu juga, kita tidak bisa menutup mata bahwa Anies telah menunjukan dan membuktikan sesuatu yang sudah dikerjakan. Disitu kan buat klaim, saya sudah kerja, bikin JIS masa gak kerja, saya bikin formula E, termasuk pelebaran pelebaran yang lain, revitalisasi seperti itu," tuturnya. sinpo

Komentar: