Pengamat: NasDem dan PKS Diprediksi Bakal Gabung ke Prabowo-Gibran

Laporan: Firdausi
Senin, 25 Maret 2024 | 14:46 WIB
Prabowo-Gibran menyapa.para pendukungnya (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo-Gibran menyapa.para pendukungnya (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Pengamat Politik, Yusak Farchan memprediksi dua partai pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yaitu NasDem dan PKS berpotensi akan gabung ke Koalisi Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"NasDem sedang memberi signal siap bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran, demikian juga dengan PKS," kata Yusak saat dihubungi SinPo.id, Senin, 25 Maret 2024.

Menurut Yusak, dari kalkulasi politik posisi di luar pemerintahan bagi Partai NasDem sangatlah tidak menguntungkan.

Apalagi, selama dua priode NasDem berada di lingkaran pemerintah. Hal inilah menjadi alasan utama NasDem berpikir dua kali bila tidak bergabung lagi ke pemerintah.

"Dari kalkulasi politik, posisi di luar pemerintahan tentu tidak akan menguntungkan bagi NasDem ke depan," ujarnya.

Sementara itu untuk Partai PKS, kata Yusak, bila ditelusuri PKS adalah partai yang pernah mengusung Prabowo sejak Pilpres 2014 dan 2019.

Artinya, PKS merupakan partai pengusung yang setia terhadap Prabowo, sehingga masih sangat terbuka partai yang dipimpin Ahmad Syaikhu bergabung ke Koalisi Prabowo-Gibran.

"PKS pernah menjadi pendukung Pak Prabowo dalam dua kali pilpres. Masih terbuka kemungkinan jika PKS pada akhirnya memilih bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran," ujarnya.sinpo

Komentar: