Legislator DKI Yakin Heru Mampu Selesaikan Normalisasi Kali Krukut

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 02 November 2022 | 10:11 WIB
Kali Krukut Jakarta/wikipedia
Kali Krukut Jakarta/wikipedia

SinPo.id -  Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah, mengaku yakin Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mampu menyelesaikan normalisasi Kali Krukut.

Normalisasi ini perlu dilakukan disebabkan kali krukut yang telah mengalami penyempitan dan pendangkalan. Sehingga air kerap meluap dan menyebabkan pemukiman terendam banjir. 

"Ya saya yakin Pak Heru mampu menyelesaikan ini, karena semangatnya sama bahwa kita ingin mengerjakan yang namanya normalisasi," ujar Ida Mahmudah, saat dihubungi Selasa 1 November 2022. 

Ida mengatakan, pihaknya ingin kapasitas sungai yang ada di Jakarta semakin bertambah untuk mengantisipasi bencana banjir. Hal ini kata Ida, sebagaimana yang ditargetkan pada Heru dalam penanganan banjir. 

"Targetnya Pak Pj ini kan mengurangi banjir, kalau bicara menyelesaikan banjir perlu waktu yang sangat lama dan konsen, dan salah satu mengurangi banjir adalah berjalannya normalisasi," katanya. 

Menurut Ida, idealnya setiap tahun pemerintah melakukan pengerukan atau normalisasi di 13 sungai yang ada di Ibu Kota. Ida juga mengakatan, pemerintah daerah sudah membuat perjanjian dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk percepatan normalisasi.

"Sudah ada perjanjian dengan kami, kalau untuk sheet pile itu mereka (BBWSCC) sedangkan pembebasan lahannya itu kami (pemerintah daerah)," katanya.

"Kalau untuk pengerukan kami sudah boleh, memang beberapa tahun yang lalu beko (eskavator) pemerintah daerah mau ngeruk kali (sempat nggak boleh), tapi sekarang sudah boleh," tambahnya. sinpo

Komentar: