Kasus Gagal Ginjal Akut di DKI Mulai Terkendali

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 09 November 2022 | 13:26 WIB
Ilustrasi obat sirup/pixabay
Ilustrasi obat sirup/pixabay

SinPo.id -  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan, tidak ada penambahan kasus gagal ginjal akut misterius di DKI Jakarta sejak 31 Oktober 2022 lalu. 

"Engga, kalau di Jakarta sejak 31 Oktober tidak terlaporkan kasus baru," kata Widyastuti usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 8 November 2022. 

Widyastuti mengaku, Dinkes DKI telah melakukan hospital record review (HRR) di fasilitas kesehatan yang ada di Ibu Kota, dan tidak menemukan kasus baru yang berasal dari Jakarta. 

"Jadi kami melakukan HRR, memantau. Tapi rumah sakit di DKI itu menerima rujukan dari berbagai wilayah, Jadi kalaupun ada kasus baru, tidak di DKI," katanya. 

Berdasarkan data terakhir per 8 November 2022, tercatat ada 154 kasus gagal ginjal akut di DKI Jakarta. 

Widyastuti menegaskan, saat ini Dinkes DKI sudah mulai membedakan dari kasus terduga, sesuai dengan edaran Dirjen Yankes tanggal 4 November (2022), membedakan dalam kasusnya probable, suspect, confirm, dan exclude.  

"Yang dibilang kasus terkonfirmasi apabila dalam sample darah kasus tadi ditemukan kandungan etilon glicol atau etilon glicon," kata Widyastuti menjelaskan. 
sinpo

Komentar: