MPR Minta Pemerintah Perhatikan Pemerataan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Laporan: Sinpo
Sabtu, 26 November 2022 | 19:10 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan/ Instagram
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan/ Instagram

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendorong Pemerintah dan stakeholders terkait untuk memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat. Pasalnya, masih banyak pengungsi di Cianjur yang belum mendapatkan bantuan, yang memadai.

"Kami sangat berharap, bantuan-bantuan, baik dari Pemerintah maupun masyarakat umum dapat disebar secara merata dengan cara menghantar langsung. Sehingga semua pengungsi dapat terjangkau hingga di pelosok-pelosok pengungsian," ujar Syarief dalam keterangannya, Sabtu 26 November 2022.

Politusiy Partai Demokrat ini juga mendorong Pemerintah untuk menyiapkan program rehabilitasi konstruksi ke depan.

"Kita akan mendorong Pemerintah agar rumah atau bangunan umum yang rusak dapat segera direhabilitasi pasca kondisi bencana sudah membaik kembali," katanya.

Syarief Hasan menyebut, proses rehabilitasi yang dilakukan pemerintah harus cepat dan tepat. Sehingga masyarakat korban gempa dapat kembali menata kehidupannya.

"Tentu proses rehabilitasi ini harus memperhatikan kondisi bencana. Semoga bencana ini dapat segera berhenti.dan dapat diatasi dengan baik," tuturnya.

Lebih jauh Syarief juga mendorong Pemerintah untuk memperkuat manajemen kebencanaan. Apalagi Indonesia berada di ring of fire, sehingga potensi bencana alam sangat besar.

"Pemerintah harus menyadari itu dan lebih peka untuk memperkuat disaster management," tegasnya.

Disaster warning, sambung Syarief, juga harus sudah dikembangkan. Pasalnya selama ini banyaknya korban yang berjatuhan, seringkali karena tidak adanya peringatan awal bencana.

"Ini perlu dievaluasi dan dikembangkan, seperti yang dilakukan Jepang menghadapi bencana alam," ucapnya.sinpo

Komentar: