DLH DKI Angkut 31 Ton Sampah Usai Acara Nusantara Bersatu di GBK

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 27 November 2022 | 06:16 WIB
Ilustrasi sampah/ Pixabay
Ilustrasi sampah/ Pixabay

SinPo.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengumpulkan total 31 ton sampah selama berlangsungnya event Nusantara Bersatu di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, yang digelar sejak Sabtu 26 November 2022 pagi. 

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, kegiatan giat bersih GBK ini melibatkan hingga 500 orang personel pasukan oranye. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan kawasan ruang terbuka publik di Jakarta. 

"Semua terlibat dalam membereskan sampah ini. Baik dari Kasudin, Kasatpel, hingga PJLP semua terlibat. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras, kerja sama dan kekompakannya dalam menuntaskan penanganan sampah ini," ujar Asep dalam keterangannya. 

Selain mengerahkan ratusan personel, DLH DKI juga mengerahkan puluhan kendaraan yang terdiri dari mobil lintas (pick up), serta truk sampah anorganik. 

"Kita mengerahkan 28 unit mobil pickup, 14 unit street sweeper, serta 10 unit truk. Untuk menunjang kegiatan Nusantara Bersatu ini kami juga menyediakan 38 unit toilet portable, 2 unit bis toilet VIP, truk tangki air bersih 2 unit, dan truk tangki air kotor 3 unit," kata Asep. 

Lebih lanjut, Asep menegaskan pihaknya akan terus memantau setiap kegiatan yang bersifat massal di Jakarta. Hal ini karena saat berlangsungnya kegiatan, pasukan oranye dari DLH telah bersiaga di berbagai titik, untuk bergerak cepat saat kegiatan usai. 

"Pasukan kita selalu standby, tiap titik ada yang berjaga, dan akan siap bergerak begitu event apapun selesai berkegiatan. Kita selalu bereskan hingga kondisi kembali bersih. Ini kita lakukan untuk memastikan lingkungan Jakarta agar selalu bersih," ucapnya. sinpo

Komentar: