Perayaan Malam Tahun Baru, Warga DKI Sisakan 130 Ton Sampah

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 01 Januari 2024 | 16:53 WIB
Perayaan tahun baru di Jakarta (SinPo.id/ Pemprov DKI)
Perayaan tahun baru di Jakarta (SinPo.id/ Pemprov DKI)

SinPo.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mencatat sebanyak 130 ton sampah terkumpul selama perayaan malam pergantian Tahun Baru 2024 di Jakarta.

Kepala DLH DKI, Asep Kuswanto mengungkapkan, sepanjang jalan Sudirman-Thamrin saja, sampah yang terkumpul mencapai 32 ton.

“Tadi malam sampah mencapai 130 ton dari seluruh Jakarta dan khusus dari sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terkumpul 32 ton sampah," kata Asep dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 1 Januari 2024.

Asep menyebut, sampah yang terkumpul tersebut merupakan jumlah terbesar setelah pandemi Covid-19. Menurutnya, hanya terpaut lima ton dari malam pergantian tahun 2019 ke 2020.

"Jumlah ini merupakan jumlah terbesar setelah melewati masa pandemi. Tahun lalu sebanyak 74 ton. Sedangkan sebelum pandemi, pada pergantian tahun 2019 ke 2020 sampah mencapai 125 ton,” ujarnya.

Selain itu, ada ribuan petugas kebersihan yang dikerahkan untuk membersihkan sampah tersebut hingga pukul 04.00 WIB pagi tadi.

"Kami menerjunkan 3.180 petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta. Petugas kebersihan dibagi menjadi 4 shift tanpa henti," ucapnya.

Lebih lanjut, DLH DKI Jakarta juga mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan yang telah berhasil membersihkan sampah-sampah di titik keramaian perayaan tahun baru di Jakarta.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dengan DLH. PPSU, Para petugas Satpol PP, Dishub, Distamhut, semua bahu-membahu untuk membuat Jakarta kinclong lagi,” tandasnya.sinpo

Komentar: