Polisi Tangkap Dua Pelaku Spesialis Pembobol ATM di Jakbar

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 11 Januari 2023 | 22:15 WIB
Ilustrasi pembobolan ATM/ Pixabay
Ilustrasi pembobolan ATM/ Pixabay

SinPo.id - Polisi berhasil meringkus dua pelaku spesialis congkel ATM yang sudah sering beraksi di sejumlah di wilayah DKI Jakarta.

Kapolsek Tamansari AKBP Rohman Yonky Dilatha menyebut, bahwa kedua pelaku yang berinisial AS (49) dan AB (54) melancarkan aksinya menggunakan kawat serta obeng.

"Mereka merupakan spesialis modus pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan kawat dan obeng dan berulang kali melancarkan aksinya di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Rohman dalam keterangannya, Rabu, 11 Januari 2023.

Menurut Rohman, pelaku ditangkap di lokasi salah satu ATM yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, pada Selasa 10 Januari 2023. Modusnya, kata dia, berpura-pura melakukan transaksi di ATM.

Rohman mengungkapkan, jika kedua pelaku memiliki peran yang berbeda saat beraksi. Masing-masing pelaku yang satu berpura-pura lakukan transaksi dan pelaku yang lainnya lagi mencongkel mesin ATM.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Tamansari Komp Roland Olaf Ferdinan menceritakan kronologi penangkapan dari kedua pelaku tersebut. Menurut dia, kejadian itu berawal ketika petugas sekuriti curiga terhadap pelaku yang menggunakan mobil Honda Brio yang belakangan diketahui boleh menyewa.

"Petugas keamanan setempat yang sedang berjaga mencurigai aksi pelaku, kemudian mengecek dan melihat pelaku sedang melakukan pencongkelan mesin ATM menggunakan kawat," ujar Roland.

Kemudian, petugas sekuriti berkordinasi dengan  Polsek Tamansari. Polisi segera mendatangi TKP dan berhasil menangkap kedua pelaku tersebut.sinpo

Komentar: