Kompak KBB Minta Bupati Bogor Jamin  Jemaat HKBP Bethlehem untuk Ibadah

Laporan: Sinpo
Rabu, 18 Januari 2023 | 02:38 WIB
Ilustrasi pengamanan di Gereja
Ilustrasi pengamanan di Gereja

SinPo.id -  Koalisi Masyarakat Sipil Pembela Hak Konstitusional Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (Kompak KBB) meminta bupati Bogor menjamin dan melindungi Jemaat HKBP Betlehem untuk beribadah dan melaksanakan Ibadah dan membangun rumah ibadah serta memastikan ketidak-berulangan.

"Bupati Bogor memerintahkan kepada jajaran di bawahnya untuk tidak membuat kesepakatan dan/atau rekomendasi yang melarang dan/atau membatasi Hak Jemaat HKBP Bethlehem untuk beribadah dan melaksanakan Ibadah," tulis Kompak KBB dalam keterangannya pada Selasa 17 Januari 2023.

Jemaat HKBP Betlehem (Pos Parmingguan) di Batu Gede, Desa Cilebut Barat, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dilarang melakukan ibadah Natal pada 24 dan 25 Desember 2022 oleh warga sekitar.

Hal imi karena alasan ibadah dilakukan di rumah salah satu Jemaat.

Setelah pelarangan oleh warga tersebut Jemaat HKBP Betlehem kehilangan hak atas rasa aman dalam melaksanakan Ibadah dan berpindah-pindah tempat sampai dengan sekarang untuk melakukan ibadah.

Selain meminta kepada bupati Bogor, Kompak KBB juga mendorong kapolres Kabupaten Bogor memastikan jaminan rasa aman kepada Jemaat HKBP Betlehem ketika melakukan ibadah.

"Kapan dan dimanapun," tambahnya.
sinpo

Komentar: