MUDIK LEBARAN 2023

Menhub Klaim Harga Tiket Pesawat Selama Arus Mudik Masih dalam Batas Wajar

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 25 April 2023 | 20:37 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (SinPo.id/ Ashar)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan harga tiket pesawat selama arus mudik masih dalam batas wajar dan tidak melebih tarif batas atas yang telah ditentukan. 

Pasalnya, pihak maskapai penerbangan telah kooperatif menjaga tarif sesuai anjuran pemerintah. Sehingga peningkatan pergerakan penumpang pesawat pada arus mudik tahun ini menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

“Walaupun belum sama dengan Tahun 2019, tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita,” kata Budi, Selasa 25 April 2023.

Kemudian dalam menghadapi lonjakan arus balik, Menhub meminta seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan untuk dapat terus melanjutkan kinerja yang baik. Termasuk operator penerbangan yang harus lebih mengedepaankan aspek keselamatan.

Berdasarkan data Angkasa pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta, tak hanya jumlah penumpang yang meningkat, jumlah pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan 5 persen dibanding tahun 2022 lalu.

Di samping itu, kata Menhub, kebijakan pada arus mudik tahun ini juga telah berhasil membuat pelaksanaannya dapat berjalan relatif lancar. Salah satunya mengenai kebijakan memajukan cuti bersama.

“Jadi meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih, bisa tertangani dengan baik. On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik,” katanya menambahkan.

 sinpo

Komentar: