Jokowi Bertolak ke Tokyo Hadiri KTT ASEAN-Jepang

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 16 Desember 2023 | 12:30 WIB
Presiden Joko Widodo bertolak ke Tokyo Jepang (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo bertolak ke Tokyo Jepang (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan terbatas bertolak menuju Tokyo, Jepang dari landasan udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 16 Desember 2023.

"Hari ini saya bersama sama dengan rombongan terbatas akan melakukan kunker ke Jepang. Jepang merupakan mitra penting, merupakan mitra strategis bagi Indonesia. Dan Jepang juga mitra penting dan mitra strategis bagi ASEAN," kata Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 16 Desember 2023.

Jokowi mengatakan akan ada tiga agenda utama yang dihadiri di Tokyo, Jepang, yakni melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida, kemudian menghadiri KTT ASEAN-Jepang.

"Ketiga menghadiri KTT AZEC atau Asia Zero Emission Communitity," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu menjelaskan, pada pertemuan dengan PM Fumio Kishida akan dibahas kerja sama ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kritis dan juga kerja sama maritim.

Kemudian, Jokowi dan PM Kishida juga akan memimpin KTT perayaan 50 tahun ASEAN-Jepang yang mengangkat tema "Golden Friendship, Golden Opportunity".

"KTT ini akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital dan juga implementasi dari ASEAN outlook Indo-Pasifik," paparnya.

"Pada 19 Desember 2023 insyaallah saya dan rombongan terbatas udah tiba di Tanah Air," tandasnya.sinpo

Komentar: