3.180 Petugas Kebersihan Bersihkan Jakarta pada Malam Tahun Baru

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 Januari 2024 | 02:34 WIB
Petugas Kebersihan (Berita Jakarta)
Petugas Kebersihan (Berita Jakarta)

SinPo.id -  Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengerahkan 3.180 petugas kebersihan pada perayaan malam tahun baru 2024 selama 24 jam. Ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan lokasi yang menjadi titik keramaian. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, para petugas kebersihan akan dibagi menjadi empat sif tanpa henti. Dia menyampaikan, petugas yang paling banyak bertugas adalah pada sore hingga malam hari.

Asep menginstruksikan agar seluruh lokasi perayaan tahun baru di Jakarta sudah bersih kembali pada 1 Januari 2024 pukul 04.00 WIB.
"Kami akan menerjunkan 3.180 petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta. Kami berharap masyarakat juga bisa ikut menjaga kebersihan di lokasi perayaan tahun baru. Mari kita bersama-sama menciptakan Jakarta yang bersih dan nyaman," ujar Asep, Minggu 31 Desember 2023

Dia menjelaskan, selain petugas kebersihan, pasukan oranye Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga akan dibantu oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru.

“Petugas PPSU juga akan bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di trotoar, jalan dan taman sampai bersih kembali,” ucap Asep.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang akan merayakan tahun baru di Jakarta untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Mari kita jaga kebersihan lingkungan bersama-sama. Dengan begitu, sesuai dengan tema perayaan malam tahun baru ini, Jakarta Kota Global, warganya bisa mencerminkan tujuan itu," katanya.

Asep mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga memaksimalkan penyediaan fasilitas toilet di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian untuk kenyamanan dan kemudahan fasilitas sanitasi bagi masyarakat yang merayakan malam tahun baru di Jakarta.

"Kami perkirakan akan ada ratusan ribu pengunjung yang hadir di acara ini. Oleh karena itu, kami menyediakan 30 toilet portable dan 25 armada bus toilet untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan toilet," kata Asep.

Toilet portable dan bus toilet yang disediakan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai toilet dengan air yang bersih, sabun dan tisu toilet. Bus toilet ini akan ditempatkan di titik-titik strategis di sepanjang Jalan Sudirman - Thamrin hingga Monas.

Dia menambahkan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga meminta kepada pengelola gedung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk membuka akses toilet saat perayaan malam tahun baru agar ketersediaan toilet maksimal.

“Kami sudah bersurat kepada pengelola gedung untuk meminta pembukaan akses toilet di lantai dasar atau lobby gedung bagi masyarakat pada saat acara Festival Malam Muda Mudi ini,” tandas Asep.sinpo

Komentar: