Kapolri Pastikan Situasi Aman dan Lancar pada Malam Pergantian Tahun

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 Januari 2024 | 02:00 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan situasi di Indonesia aman dan lancar jelang pergantian tahun 2024. Pernyataan itu disampaikan usai menggelar video conference (vicon) dengan seluruh polda di Indonesia untuk pengamanan malam tahun baru pada Minggu 31 Desember 2023.

"Jadi secara umum tadi disampaikan bahwa alhamdulillah semuanya masih berjalan aman dan lancar," kata dia pada Minggu 31 Desember 2023.

Kapolri bersama-sama dengan Panglima TNI dan seluruh jajaran melaksanakan pengecekan secara langsung terkait dengan kesiapan terakhir sekaligus kondisi terakhir kegiatan pengamanan menjelang pergantian tahun.

Jenderal Sigit mengatakan ada 129.923 personel gabungan yang disiapkan saat malam pergantian tahun. Sementara itu, kata Jenderal Sigit, ada 49.676 objek yang dilakukan pengamanan.

"Tercatat malam ini ada kurang lebih 984 titik kumpul yang sudah dilaporkan, dan ada 44.734 personel gabungan yang kita gelar untuk melaksanakan pengamanan khusus untuk kegiatan malam tahun baru ini. Total seperti yang sering saya sampaikan bahwa ada 49.676 objek pengamanan dengan 129.923 personel gabungan yang kita siapkan baik TNI Polri dan unsur lainnya," ujarnya.

Jenderal Sigit juga memaparkan situasi di DKI Jakarta. Jenderal Sigit menyebut jumlah warga yang merayakan tahun baru meningkat, terutama di Ancol dan Bundaran HI.
Wilayah lain, secara umum dilaporkan khususnya di Jakarta memang terjadi peningkatan khususnya yang melakukan kegiatan di Ancol, kemudian HI. Di Ancol dilaporkan dari 91 ribu naik jadi 130 ribu per tadi dilaporkan kemungkinan akan terus meningkat," ujarnya.

Dia menekankan agar jajarannya melakukan pengawalan untuk warga yang pulang dari merayakan tahun baru. "Tentunya perlu ada cara bertindak untuk melaksanakan kegiatan pengamanan sekaligus pada saat pulangnya," imbuhnya.sinpo

Komentar: