PPATK Temukan Aliran Dana ke Bendahara Parpol, Dasco: Dibuka Saja

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 15 Januari 2024 | 19:25 WIB
Ketua Harian DPP Gerindra, Dasco (Sinpo.id/Tim Media)
Ketua Harian DPP Gerindra, Dasco (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco, meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) buka-bukaan soal temuan aliran dana yang masuk ke rekening bendahara partai politik (Parpol).

“Ya saya pikir PPTAK kalau memang ada yang dibuka saja, dibuka aja,” kata Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 15 Januari 2024.

Namun ia menegaskan, data tersebut akan lebih baik dibuma kepada lembaga yang berwenang, ketimbang dipublikasikan di hadapan publik. Mengingat, data yang dimiliki oleh PPATK merupakan data intelijen negara.

"Jadi, dibuka dalam arti disampaikan kepada pihak yang berwenang dalam hal ini kalau soal pemilu, Bawaslu karena data PPATK itu adalah data intelijen. Tapi dibuka aja kepada lembaga yang berwenang," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, mengatakan pihaknya telah menemukan adanya aliran dana sebesar Rp 195 miliar dari luar negeri ke 21 rekening bendahara parpol. Namun ia tidak merinci bendahara partai mana saja yang menerima dana tersebut.

"Dari 21 partai politik pada 2022 itu ada 8.270 transaksi dan meningkat di 2023 ada 9.164 transaksi. Mereka termasuk yang kita ketahui menerima dana luar negeri," kata Ivan, seraya mengatakan bahwa jumlahnya mengalami peningkatan.sinpo

Komentar: