Airlangga: Pembahasan Makan Siang Gratis Tunggu Pengumuman KPU

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 08 Maret 2024 | 18:57 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/dok.Ekon)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/dok.Ekon)

SinPo.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, alokasi anggaran untuk program makan siang gratis, akan dibahas usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan secara resmi hasil Pilpres 2024. 

Menurut Airlangga, meski Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 mulai disusun, tetapi pelaksanaanya dilakukan oleh pemerintah mendatang.

"Kita barus bahas dalam APBN sesudah keputusan daripada KPU siapa pemerintah yang akan datang. Karena pengguna APBN 2025 adalah pemerintah yang akan datang," kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024. 

Airlangga menjelaskan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang akan menyusun rencana kerja pemerintah untuk tahun 2025. Kemudian didetailkan dalam penyusunan APBN 2025 dalam sebulan ke depan. 

"Penyusunan APBN pos-posnya detailnya 1 bulan ke depan, Tentu 1 bulan ke depan sudah ada keputusan KPU di 20 Maret, APBN 2025 kan pelaksananya pemerintah yang akan datang," tukasnya.

Diketahui, akhir Februari 2024 lalu, Airlangga menghadiri simulasi program makan siang gratis di SMPN 2 Curug, Tangerang. 

Menurut dia, uji coba tersebut dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan menggunakan anggaran dari pemerintah daerah.

Adapun, jumlah calon penerima makan siang gratis sebelumnya disampaikan mencapai 70,5 juta anak dari Balita hingga SMP, tapi belum termasuk ibu hamil serta anak SMA.sinpo

Komentar: