Kampanye di Bogor, Gibran Pamer Kesuksesan Kelola Sampah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:54 WIB
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming (Sinpo.id/Ashar)
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memamerkan kesuksesannya dalam pengelolaan sampah di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), saat berkampanye di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Kesuksesan menjabat selama 2 tahun terakhir sebagai Wali Kota Surakarta itu dia paparkan di hadapan kaum milenial komunitas e-sport.

"Masalah sampah tadi sudah pada dapat bukunya semua belum? Dibuka enggak apa-apa, di dalamnya ada yang saya lakukan dalam 2 tahun terakhir," kata Gibran saat berinteraksi dengan kaum milenial dalam keterangannya, Jakarta pada Rabu, 31 Janauri 2024.

Wali Kota Surakarta ini juga memaparkan keberhasilannya dalam menjalankan teknologi pembangkit listrik tenaga sampah. Sampah yang diolah menjadi listrik berasal dari rumah tangga di Kota Solo.

"Dari hulu ke hilir kami kawal semua. Di tingkat RT/RW warga sudah memilah sampah meskipun di TPA-nya ada tempat pemilahan sampah. Akan tetapi, akan lebih cepat lagi prosesnya kalau dari warga sendiri sudah memilah sampahnya," kata Gibran.

Menurut dia, permasalahan lingkungan menjadi perhatianya mulai dari tingkat rumah tangga hingga tempat pembuangan akhir (TPA). Hal ini karena masalah lingkungan merupakan hal yang paling disorot oleh kaum milenial.

"Masalah limbah, masalah transisi menuju energi hijau, makanya kemarin waktu debat cawapres saya ngeluarin pertanyaan greenflation atau carbon capture, carbon storage itu penting sekali," kata putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

Selain menyoroti persoalan lingkungan, Gibran membahas infrastruktur digital dan ekosistem digital yang telah dibangun di Kota Solo.

Salah satunya, Solo Techno Park yang menyediakan berbagai les keterampilan seperti pengelasan di dalam air, pendidikan cyber security, inkubasi UMKM, hingga sekolah gaming yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Acer.

"Di situ banyak sekali anak muda ngumpul di situ, kebanyakan wifi gratis, soalnya di situ ada kerja sama dengan Huawei. Kalau kota-kota lain 'kan smart city, kita sudah menginisiasi menuju giga city," ucap Gibran.

Dengan menggandeng Huawei, Gibran ingin menjadikan Solo sebagai kota dengan akses internet tercepat di Indonesia.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, masa tenang pada 11-13 Februari. Sedangkan, hari pemungutan suara berlangsung pada 14 Februari 2024.sinpo

Komentar: