Hasil Piala Asia 2023: Libas Bahrain, Jepang Amankan Tiket Perempat Final

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 01 Februari 2024 | 01:32 WIB
Timnas Jepang (SinPo.id/ dok. JFA Official)
Timnas Jepang (SinPo.id/ dok. JFA Official)

SinPo.id - Timnas Jepang mengandaskan perlawanan Bahrain 3-1 pada babak 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Al Thumama Stadium pada Rabu malam, 31 Januari 2024.

Dengan hasil ini, tim berjuluk Samurai biru itu menjadi tim ketujuh yang memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia 2023.

Jepang menguasai jalannya pertandingan, termasuk di babak pertama. Namun Jepang baru berhasil mencetak gol di menit ke-31 melalui Ritsu Doan. 

Berawal dari tambakan jarak jauh Seiya Maikuma dari luar kotak penalti, bola mengenai tiang gawang dan memantul ke arah Ritsu Doan yang luput dari pengawalan. Keunggulan Jepang 1-0 bertahan hingga turun minum. 

Babak kedua baru berjalan empat menit, Jepang kembali memperbesar keunggulan melalui Takefusa Kubo. Wasit sempat mengecek VAR karena Kubo berada dalam posisi offside. Namun, wasit tetap memberikan gol ke Jepang. Bahrain tertinggal 0-2.

Bahrain sempat mengejar ketertinggalan di menit ke-63 melalui gol bunuh diri Zion Suzuki. Gol berawal dari sepak pojok, bola disundul oleh Baqer dan mengarah ke gawang.

Kiper timnas Jepang itu mencoba meninju bola ke udara, namun antisipasi yang kurang cermat membuat bola akhirnya masuk ke gawang sendiri. Kedudukan menjadi 2-1.

Pada menit ke-72, Jepang berhasil memperlebar keunggulan menjadi 3-1. Aksi Ayase Ueda yang meloloskan diri dari kawalan bek Bahrain berhasil melepas tembakan yang gagal di antisipasi kiper lawan.

Jepang berhasil mempertahankan keunggulan hingga wasit meniupkan pluit tanda pertandingan berakhir. Timnas Jepang sukses melaju ke babak selanjutnya.sinpo

Komentar: