Jelang Ramadan, Pemerintah akan Cairkan BLT Rp600 Ribu

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 24 Februari 2024 | 14:11 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (SinPo.id/Setkab)
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu untuk periode Januari-Maret, yang akan menyasar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), diundur pemberiannya, jadi pada Maret 2024, bertepan bulan Ramadan 1445 Hijriah. 

"BLT nanti akan kita realisasikan untuk Ramadan," kata Airlangga dikutip pada Sabtu, 24 Februari 2024 

Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, alasan penundaan BLT tersebut, karena harga kebutuhan pokok melonjak tinggi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Dan, keputusan ini diambil dalam rangka membantu daya beli masyarakat. 

"Harga pangan memang relatif naik, makanya kita sudah melihat itu, makanya kita siapkan BLT tadi (bulan Maret)," kata Airlangga

Untuk penyaluran BLT senilai Rp600 ribu ini, lanjut Airlangga, nantinya melibatkan kantor Pos dan akan ditargetkan untuk 18 juta keluarga miskin.

Sebelum pengumuman tersebut, BLT yang dijanjikan cair pada Februari, telah lama menjadi perbincangan lantaran belum juga diterima masyarakat.

Menurut Airlangga, keterlambatan itu disebabkan oleh koordinasi yang belum final dengan kementerian terkait.

"Penyaluran kita harapkan (secepatnya), kan sekarang masih membutuhkan penganggaran di Kementerian Sosial dan kemudian berkontrak dengan PT Pos. Karena penyaluran melalui PT Pos secara biaya lebih murah daripada melalui Himbara," tukasnya. sinpo

Komentar: