Pemilu Berlangsung Damai, Jokowi Berterima Kasih ke TNI-Polri

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 28 Februari 2024 | 22:57 WIB
Presiden Jokowi di Rapim TNI-Polri (SinPo.id/ Humas Polri)
Presiden Jokowi di Rapim TNI-Polri (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan peran TNI-Polri sangat penting dalam Pemilu 2024. Bahkan, atas kerja keras TNI-Polri pelaksanaan pesta demokrasi itu berjalan aman dan lancar.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI dan Polri yang telah menjamin keamanan, yang telah menjamin ketertiban selama pelaksanaan pemilu, sehingga pemungutan suaran dan penghitungan suara berlangsung dengan aman dan damai,” ujar Jokowi di Rapim TNI-Polri di Cilangkap, Jakarta, dikutip dari laman resmi Polri, Rabu, 28 Februari 2024.

Diakui Jokowi, memang beberapa dinamika riak-riak kecil sempat terjadi, namun dipandang biasa dan wajar dalam berdemokrasi. Di sisi lain, dia mengingatkan perbedaan pendapat dan perbedaan pilihan sangat wajar dalam demokrasi.

“Perlu juga saya ingatkan masih ada beberapa tahapan pemilu sampai Oktober nanti,” katanya.

Menurut Jokowi, TNI-Polri harus melakukan langkah-langkah proaktif untuk menetralisir residu-residu politik, memitigasi disinformasi pemilu, menjaga kerukunan, serta menjaga persatuan. Bahkan, dia mengakui saat ini tantangan yang dihadapi tidaklah mudah.sinpo

Komentar: