Kakorlantas Polri: 27 Ribu Orang Tewas akibat Kecelakaan Lalu Lintas

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 03 Maret 2024 | 02:05 WIB
Ilustrasi kecelakaan (pixabay)
Ilustrasi kecelakaan (pixabay)

SinPo.id -  Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan jumlah kecelakaan secara nasional sebanyak 152 ribu lebih. Setidaknya 27 ribu korban meninggal dunia.

Pernyataan itu disampaikan saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi dan kegiatan Gebyar Keselamatan 2024 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 2 Maret 2024. 

"Sudah saya sampaikan angka kecelakaan cukup tinggi secara nasional ada 152.000 lebih kecelakaan yang terjadi 27.000 lebih korban meninggal dunia. Belum yang luka berat, permanen, cacat seumur hidup, dan luka ringan. Kerugian material itu bisa sampai Rp500 miliar dalam setahun," kata dia.

Untuk mencegah dan meminimalisir angka kecelakaan, lanjut Aan, Korlantas Polri bersama stakeholder terkait mencanangkan aksi keselamatan di jalan. Aksi keselamatan ini menjadi tanggung jawab bersama. Pasalnya, kepedulian akan keselamatan di jalan bukan hanya tanggung jawab Polri atau kementerian dan lembaga terkait.

"Untuk itu saya berharap ke depannya masyarakat bisa kita berikan pemahaman tentang arti pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan," tambahnya.sinpo

Komentar: