Dukung Visi-Misi Presiden, Kejagung Kerja Sama dengan PT Geo Dipa Energi Persero

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 07 Maret 2024 | 13:45 WIB
JAM-Intel Kejagung Reda Manthovani. (SinPo.id/Dok. Kejagung)
JAM-Intel Kejagung Reda Manthovani. (SinPo.id/Dok. Kejagung)

SinPo.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) melalui Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM Intel) melaksanakan penandatangan kerja sama dengan PT Geo Dipa Energi Persero, dalam rangka mendukung proses pembangunan pembangkit tenaga listrik yang menggunakan energi terbarukan.

Dalam sambutannya, JAM-Intel Kejagung Reda Manthovani mengatakan, kegiatan ini mempunyai makna penting dan strategis karena menandatangani perjanjian kerja sama Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS).

Menurut Reda, kegiatan ini juga dilakukan untuk mewujudkan salah satu visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024, yakni mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur.

"Kejaksaan RI mendukung penuh keberhasilan pembangunan nasional baik di dalam maupun di luar negeri, yang salah satunya melalui kegiatan PPS terhadap Program Ketenagalistrikan. Kegiatan PPS ini dilakukan guna mengantisipasi Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan (AGHT) dalam penyelenggaraan kegiatan penyediaan energi Panas Bumi Nasional,” ujar Reda dalam keterangan resminya, Kamis, 7 Maret 2024.

Sebagai upaya preventif dalam rangka mengamankan keberhasilan proyek, Reda menjabarkan bentuk dukungan PPS dilakukan mulai dari pengkajian, sosialisasi perundang-undangan, pemetaan analisa masalah, termasuk aspek peraturan perundang-undangan, perizinan, potensi konflik sosial, penyediaan lahan, ketertiban dan ketentraman umum hingga melakukan koordinasi serta evaluasi yang berkenaan dengan kesadaran hukum masyarakat.

"Penandatanganan perjanjian kerja sama ini turut mewujudkan peran serta Kejaksaan RI dalam mendukung keberhasilan percepatan pembangunan dan infrastruktur program ketenagalistrikan, khususnya yang berhubungan dengan pengusahaan sumber daya alam panas bumi untuk pembangkit listrik,” tuturnya. 

Untuk diketahui, PT Geo Dipa Energi (Persero) adalah salah satu BUMN Spesial Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan untuk pengembangan energi listrik sektor energi baru terbarukan, yang memanfaatkan tenaga panas bumi. 

Sejak tahun 2020, PT Geo Dipa Energi (Persero) mengemban tugas melakukan pembangunan Proyek PTLP Dieng Unit 2 (1x55 MW) yang merupakan program pemerintah di bidang ketenagalistrikan yang dilakukan percepatan pembangunannya menggunakan energi terbarukan. Proyek pembangunan pembangkit ini pun merupakan Proyek Strategis Nasional.sinpo

Komentar: