Bawaslu Minta KPU Segera Perbaiki Masalah Sirekap

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 08 Maret 2024 | 18:36 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (SinPo.id/Bawaslu)
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (SinPo.id/Bawaslu)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menilai, hilangnya tayangan diagram suara sementara di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU RI, menandakan adanya permasalah dalam sistem tersebut. Karena itu, KPU harus segera memperbaikinya. 

"Menandakan bahwa ada permasalahan Sirekap," kata Bagja di Kantor Bawaslu RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024.

Bagja menyebut, Bawaslu telah meminta KPU agar menyelesaikan permasalahan pada Sirekap. Jika masalah sudah diperbaiki, maka publik dapat kembali menyaksikan tampilan grafik pada Sirekap. 

Dan apabila sudah diperbaiki, lanjut Bagja, diharapkan ada perubahan dalam sistem yang dibuat sebagai alat bantu rekapitulasi tersebut. 

"Nanti kita ingatkan KPU. Kalau sistemnya sudah diperbaiki, tentu harus ada perubahan," tukasnya. 

Diketahui, diagram perolehan suara Pilpres di laman Sirekap menghilang. Hal yang sama juga terjadi pada chart hasil perolehan suara pemilu legislatif DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI.

Biasanya, ketika Sirekap diakses, pengakses dapat melihat diagram berbentuk bulat atau batang yang menunjukkan perolehan suara dari masing-masing peserta pemilu.

Dalam tampilan juga muncul keterangan jumlah TPS yang sudah memasukkan data perolehan suara dalam Sirekap.sinpo

Komentar: