Wacana Erina Calon Bupati, Habiburokhman: Gerindra Dorong Perempuan Isi Jabatan Publik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 12 Maret 2024 | 14:36 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman. (SinPo.id/Dok. TKN)
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman. (SinPo.id/Dok. TKN)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman menyambut baik wacana Ketum PSI Kaesang Pangarep, Erina Gudono, menjadi calon Bupati Sleman. Gerindra memiliki kebijakan politik mendorong perempuan untuk mengisi jabatan publik.

"Kebetulan beliau juga perempuan, jadi nyambung dengan kebijakan politik Gerindra yang mendorong kaum perempuan untuk bisa mengisi jabatan-jabatan publik," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jakarta, Selasa, 12 Maret 2024.

Tak kalah penting, kata dia, keluarga Erina ikut bekerja keras memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Yang juga penting kader menganggap keluarga beliau juga all out menangkan Pak Prabowo pada Pilpres kemarin," kata dia.

Kendati begitu, Habiburokhman menilai wacana itu aspirasi dari DPC Gerindra. Menurutnya, ada banyak pertimbangan Erina mau diusung sebagai calon bupati.

"Saya dengar pertimbangan teman-teman bahwa beliau sosok anak muda yang cerdas dan peduli pada soal-soal kerakyatan," kata dia.

Habiburokhman mengaku belum memeriksa apakah Erina sudah secara resmi diusulkan oleh DPC. Menurutnya, keputusan untuk mengusung calon kepala daerah ada di tangan Prabowo.

"Secara resmi saya belum check apakah usulan sudah resmi diajukan. Mekanisme di Gerindra calon bupati bisa diajukan ke DPP melalui DPD tingkat Provinsi. Nanti di kevel DPP akan dibahas, dan keputusan terakhir ada di tangan Pak Prabowo selaku Ketum sekaligus Ketua Dewan Pembina," katanya.

Sebelumnya, Erina Sofia Gudono istri dari putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep diwacanakan menjadi calon bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pihak yang mewacanakan adalah Partai Gerindra Sleman.sinpo

Komentar: