Pertamina Hadirkan Daycare Demi Penuhi Kebutuhan Anak di Masa Golden Age

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 13 Maret 2024 | 19:46 WIB
Para peserta Daycare Pertamina Foundation (Sinpo.id/Bumi Patra)
Para peserta Daycare Pertamina Foundation (Sinpo.id/Bumi Patra)

SinPo.id -  Pertamina melalui Pertamina Foundation membuka sebuah daycare di Tangerang Selatan untuk anak-anak usia 2 hingga 6 tahun.

Langkah ini diambil badan nirlaba dari PT Pertamina (Persero) tersebut demi mewujudkan perhatian khusus dari orang tua yang berkarir agar anak tumbuh kembang secara optimal.

Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo mengatakan, inisiasi daycare datang dari fenomena saat ini di mana banyak orang tua yang berkarier dan kesulitan untuk memberikan pendidikan anak di masa golden age secara optimal.

“Pertamina Foundation menginisiasi daycare bukan untuk menggantikan peran orang tua melainkan melengkapi. Kami melengkapi kebutuhan anaknya saat mereka bekerja dan ketika sudah pulang kerja, menjadi sebuah keharusan bagi orang tua untuk mendidik anaknya," ujar Yulius dalam keterangannya, Rabu, 13 Maret 2024.

Yulius menjelaskan, pada fase golden age otak anak dan fisiknya bertumbuh secara maksimal. Begitu juga dengan kepribadian, mental, dan perilakunya, jika diabaikan oleh orang tuanya, dikhawatirkan tumbuh kembang anak akan kurang optimal.

"Maka dari itu juga, kami tidak berani coba-coba atau eksperimen melainkan bermitra dengan yang sudah berpengalaman, yakni Roots Learning Center,” ungkapnya.

Bekerja sama dengan Roots Learning Center, daycare tersebut dilengkapi kurikulum berbasis koneksi serta pendidikan ramah lingkungan sejak dini melalui pengasuh terlatih dan berpengalaman, fasilitas kamar tidur, makanan dan camilan sehat, layanan psikolog, pemeriksaan gigi, dan kesehatan anak, serta ruang bermain aman dan nyaman.

"Orang tua juga bisa mengikuti perkembangannya karena akan diberikan laporan dan pelatihan parenting secara rutin," jelasnya.

Terkait hal ini, Curriculum Developer Roots Learning Center Yasmina Hasni mengapresiasi Pertamina Foundation karena telah menginisiasi daycare. Sebuah inisiasi yang tidak hanya berdampak bagi anak tetapi juga orang tua dan careworker.

“Daycare adalah solusi terintegrasi karena mampu memberikan pendidikan dan pengasuhan untuk anak-anak, menjadi komunitas belajar bagi orang tua dan careworker.  Apresiasi kepada Pertamina Foundation karena telah menginisiasi daycare ini dan berharap semakin banyak perusahaan yang menginisiasi hal serupa,” ujar Yasmin.

Bersamaan dengan pembukaan daycare, dilakukan penyegaran nama dari yang sebelumnya TK Patra V menjadi Bumi Patra Childcare-Kindergarten.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari menjelaskan penyegaran juga dilakukan terhadap logo yang sebelumnya identik dengan logo Pertamina tahun 1980-an, yakni dua kuda laut, diubah menjadi kupu-kupu dan anak laki-laki serta perempuan di dalam tulisan Childcare-Kindergarten dengan identitas warna logo Pertamina.

“Ada gambar kupu-kupu, hewan yang memiliki metamorfosis sempurna, hidup di lingkungan yang bersih, dan bebas terbang dengan sayapnya. Ada gambar anak laki-laki dan perempuan juga, di mana yang laki-laki melengkapi Childcare dan perempuan melengkapi Kindergarten," kata Agus.

"Pesan yang dibawa adalah bahwa dalam Bumi Patra, baik anak laki maupun perempuan, mereka akan diasuh dan dibimbing hingga tumbuh sehat, aktif, dan optimal sesuai usianya. Kami akan ciptakan masa yang paling indah dan memorable untuk mereka,” imbuhnya.

Dengan hadirnya Bumi Patra Childcare dan Kindergarten, Pertamina Foundation kini tidak hanya berperan sebagai Badan Penyelenggara pendidikan tinggi melalui Universitas Pertamina tetapi juga pendidikan anak usia ini.

Program ini turut mendukung langkah-langkah dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, atau Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Tujuan 4, yakni Pendidikan Berkualitas (quality education).

Kini, Bumi Patra Daycare sedang membuka pendaftaran dan terdapat free trial. Informasi lebih lanjut mengenai daycare dapat berkunjung langsung ke Komplek Pertamina No. 2 Ciputat Timur, Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten atau menghubungi [email protected].sinpo

Komentar: