POSISI KETUA DPR

Golkar: Ketua DPR Belum Tentu dari PDIP

Laporan: Firdausi
Minggu, 24 Maret 2024 | 16:19 WIB
Waketum Partai Golkar Firman Soebagyo (SinPo.id/ Dok. DPR RI)
Waketum Partai Golkar Firman Soebagyo (SinPo.id/ Dok. DPR RI)

SinPo.id -  Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman Soebagyo mengatakan, penghitungan suara perolehan kursi di DPR sudah final oleh KPU.

Namun untuk penghitungan konversi dari suara ke perolehan kursi di Parlemen masih berlanjut di KPU. Sehingga belum bisa dipastikan PDIP menjadi Pimpinan DPR RI.

"Sudah diumumkan oleh KPU adalah PDIP yang memperoleh suara terbanyak. Setelah itu suara terbanyak adalah Golkar.Tapi nanti dalam perhitungan kursi ini kami belum tau seperti apa hasilnya," kata Firman kepada wartawan dikutip, Minggu, 24 April 2024.

Adapun mengenai siapa yang menjadi pimpinan DPR, Firman mengungkapkan, hal itu belum bisa diputuskan. Pasalnya hingga kini parpol masih menunggu suara terbanyak dari kursi yang diperoleh.

"Nah, mengenai pimpinan DPR ya nanti kita menunggu sesudah diumumkan pemenang suara terbanyak dan kursi terbanyak," ungkapnya.

Lebih lanjut Firman menuturkan, jika hasil konversi dari suara ke perolehan kursi di Parlemen PDIP yang unggul, maka secara otomatis posisi Ketua DPR akan tetap dipimpin PDIP.

"Karena itu menjadi hak secara politik bagi parpol peserta pemenang Pileg. Dan tentunya kita akan menghormati," tandasnya.sinpo

Komentar: