SIDANG PHPU MK

Amankan Sidang PHPU di MK, Polri Terjunkan 2.094 Personel

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 01 April 2024 | 14:09 WIB
Pengamanan di Gedung MK (SinPo.id/ Humas Polri)
Pengamanan di Gedung MK (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri menerjunkan dua ribu lebih personelnya untuk menjaga keamanan sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden Umum (PHPU) 2024, di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, 1 April 2024.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya siap untuk melakukan pengamanan sidang lanjutan PHPU di gedung MK. Polisi juga akan menyiapkan lokasi tertentu untuk penyampaian aspirasi masyarakat.

“Jumlah pasukan yang kami turunkan sejumlah 2.094 personel gabungan yang nantinya akan mengamankan kegiatan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Baik itu dari sisi dalam maupun dari sisi luar," ujar Susatyo dalam keterangannya.

Susatyo mengimbau warga masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi agar tertib dan memperhatikan hak masyarakat lain.

“Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, agar tertib, menjaga kedamaian dan mematuhi aturan sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara” tuturnya.

Lebih jauh Susatyo juga mengimbau jajarannya untuk bersikap humanis dalam pengamanan sidang PHPU di MK.

“Kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis,” katanya.sinpo

Komentar: