Tekan Angka Kecelakaan, Menko PMK Ingatkan Pemudik Tak Bawa Muatan Berlebih

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 10 April 2024 | 14:07 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran 2024 di To Cipali pada H-3. (Ashar/SinPo.id)
Ilustrasi mudik Lebaran 2024 di To Cipali pada H-3. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan pemudik untuk berhati-hati saat arus balik Lebaran 2024. Pengendara diharap tidak membawa muatan lebih.

"Salah satu yang perlu saya tekankan, hati-hati dalam menggunakan kendaraan, terutama jangan sampai kelebihan muatan. Kalau memang isinya 9 jangan diisikan lebih dari itu. Mobil kalau kelebihan beban, apalagi dibikin cepat, pasti akan oleng," kata Muhadjir di halaman gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta pada Rabu, 10 April 2024.

Muhadjir menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa kecelakaan yang terjadi di Km 58 Tol Japek. Dia mengatakan peristiwa itu menjadi pembelajaran bagi para pemudik untuk arus balik nanti.

"Hanya ada kejadian yang sangat, hanya satu kejadian yang sangat kita prihatinkan yaitu kemarin tumpukan di Km 58. Yang mengakibatkan 12 orang meninggal dalam satu kendaraan itu yang salah satu yang perlu saya tekankan, hati-hati dalam menggunakan kendaraan," kata dia.

Meski begitu, Muhadjir menuturkan angka kecelakaan pada mudik Lebaran 2024 cenderung menurun dibanding tahun sebelumnya. Dia menambahkan sekitar 53 persen angka kecelakaan turun pada mudik tahun ini.

"Alhamdulillah ini penanganan mudik tahun ini beberapa kasus mengalami penurunan, terutama angka kecelakaan. Angka kecelakaan kita turun sampai sekitar 53 persen, jadi ini sangat tinggi," ucap dia.

Polisi sebelumnya mengungkap hasil pemeriksaan sementara kecelakaan maut di Km 58 Tol Japek. Polisi menyebut mobil GranMax yang terbakar merupakan mobil sewaan.

"Ya ini kita masih perlu juga keterangan dari para saksi. Tapi kalau lihat dari penumpang yang berbeda, dapat patut diduga ini adalah kendaraan sewa dan kita masih mengumpulkan keterangan," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.sinpo

Komentar: