Polda Metro Jaya Imbau Pemudik Atur Waktu Balik ke Jakarta

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 12 April 2024 | 09:18 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Kalikangkung. (SinPo.id/Dok. PT Jasa Marga)
Ilustrasi. Gerbang Tol Kalikangkung. (SinPo.id/Dok. PT Jasa Marga)

SinPo.id - Polda Metro Jaya mengimbau kepada warga Jakarta dapat mengatur waktu saat balik dari aktivitas mudik Lebaran 2024 ini. Diperkirakan ada sebanyak satu juta kendaraan yang bakal masuk ke Jakarta dalam waktu tanggal 13-16 April 2024, sehingga masyarakat diharapkan dapat memilih diantara tanggal tersebut.

"Kalaupun satu hari itu ada 250 ribu kendaraan itu pun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan semuanya," kata Dirllantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya dikutip Jumat, 12 April 2024.

Selain itu, Latif juga mengimbau kepada pemudik untuk memilih sejumlah gerbang tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti di simpang susun Cikunir, Tanjung Priok dan Halim.

"Tiga tempat ini adalah tempat krusial buat titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan betul-betul. Nah tapi kita sudah mempunyai tol fungsional, tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis," tuturnya. 

Terkait penerapan rekayasa lalu lintas contraflow, dia menyebut akan diberlakukan apabila khususnya di dalam tol yang masuk Halim terjadi kepadatan

"Itu langkah terakhir yang akan kita lakukan yaitu akan melakukan 'contraflow' yaitu dari pintu Tol Halim mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan gedung DPR," ujar Latif.sinpo

Komentar: