KOALISI INDONESIA MAJU

Prabowo Diyakini Mampu Menyelaraskan PDIP dengan Partai di KIM

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 16 April 2024 | 18:13 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Presiden terpilih Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Presiden RI terpilih Prabowo Subianto diyakini memiliki kemampuan untuk menyelaraskan PDI Perjuangan (PDIP) dengan seluruh partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Apalagi, Prabowo memiliki hubungan yang spesial dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Prabowo orang yang sangat paham dengan situasi dan pendekatan politik, sangat berpengalaman. Dia juga punya hubungan yang spesial dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri," kata pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 16 April 2024.

Menurut Igor, internal KIM akan bergejolak jika nantinya PDIP mau bergabung dengan koalisi pemerintah. Hal tersebut dikarenakan PDIP akan meminta peran lebih dalam pemerintahan.

Pembagian peran inilah yang akan bersinggungan dengan partai lain yang sedari awal sudah mendukung Prabowo-Gibran di dalam KIM.

Selain itu, Igor memperkirakan gejolak akan terjadi lantaran Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bersanding dengan Megawati.

"Ganjalan Ibu Megawati kan apakah dia bisa bersama sama dengan pemerintahan Prabowo Gibran ketika SBY ada di sana dan Demokrat di sana?" kata Igor.

Prabowo pun dinilai dapat melakukan pendekatan untuk mendamaikan hubungan keduanya. Hal tersebut dikarenakan Prabowo memiliki kedekatan dengan SBY lantaran latar belakangnya yang sama di dunia militer.

Sedangkan, Prabowo memiliki kedekatan khusus dengan Megawati mengingat pada 2009 pernah maju bersama menjadi calon presiden dan wakil presiden. Oleh karenanya, Igor yakin Ketua Umum Partai Gerindra itu akan berhasil menjembatani PDIP untuk berlabuh ke KIM.sinpo

Komentar: