Menkopolhukam: Tragedi Kanjuruhan Bukan Bentrokan Bonek vs Aremania

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 02 Oktober 2022 | 12:10 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD/Instagram
Menkopolhukam Mahfud MD/Instagram

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa tragedi di stadion Kanjuruhan, Malang bukan bentrokan antar suporter.

"Perlu saya tegaskan bahwa tragedi Kanjuruhan itu bukan bentrok antar supporter Persebaya dengan Arema. Sebab pada pertandingan itu supporter Persebaya tidak boleh ikut menonton," kata Mahfud MD kepada wartawan, Minggu, 20 Oktober 2022.

Adapun, suporter Persebaya atau Bonek sudah dilarang untuk datang ke stadion Kanjuruhan sejak awal oleh aparat kepolisian.

"Supporter di lapangan hanya dari Arema. Oleh sebab itu para korban pada umumnya meninggal karena desak-desakan, saling himpit, dan terinjak-injak, serta sesak nafas. Tak ada korban pemukulan atau penganiayaan antar supporter," kata Mahfud.

Mahfud mewakili pemerintah menyedalkan tragedi berdarah itu terjadi, dan berharap para keluarga korban bisa tabah menghadapi peristiwa ini.

"Pemerintah menyesalkan atas tragedi Kanjuruhan. Pemerintah akan menangani tragedi ini dengan baik. Kepada keluarga kirban kami menyampaikan belasungkawa. Kami juga berharap agar keluarga korban bersabar dan terus berkordinasi dengan aparat dan petugas pemerintah di lapangan," kata Mahfud.
sinpo

Komentar: