Jelang Hari Pahlawan, Kemensos Ajak Generasi Muda Bersihkan TMPNU Kalibata

Laporan: Sinpo
Rabu, 09 November 2022 | 20:10 WIB
Kegiatan pembersihan TMPNU Kalibata/ Humas
Kegiatan pembersihan TMPNU Kalibata/ Humas

SinPo.id - Kementerian Sosial melaksanakan kerja bakti membersihkan dan merapikan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata. Kegiatan ini menjadi bagian dari persiapan kegiatan Ziarah Nasional di TMPNU Kalibata, pada peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada Kamis, 10 November 2022.

Kerja bakti dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 8 dan 9 November 2022 dengan melibatkan beberapa elemen masyarakat seperti siswa- siswi SMA Cikal, Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, dan juga para pegawai Kementerian Sosial.

"Sesuai dengan arahan bu Menteri Sosial dan dukungan dari berbagai pihak untuk Hari Pahlawan kali ini kita sudah siap. Kami mulai melakukan kerja bakti mulai dari membersihkan kijing, merangkai bunga, dan membersihkan lantai pelataran tempat upacara," kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, Rabu 9 November 2022.

Di TMPNU Kalibata terlihat perwakilan Kementerian Sosial sedang sibuk merangkai bunga krisan dan anggrek di pot-pot besar berwarna kuning. Kerja bakti ini tak hanya dipahami sebagai kegiatan fisik untuk membersihkan, mensterilkan, dan memperindah area makam pahlawan, namun memiliki makna yang lebih dalam.

Edi Suharto menyatakan, TMPNU Kalibata perlu dikenalkan pada generasi penerus bangsa.

" Harapannya, mereka juga mampu menghayati dan melihat TMPNU Kalibata ini sebagai suatu simbol penghormatan negara pada kusuma bangsa. Seperti tema Hari Pahlawan kali ini, 'Pahlawanku, Teladanku', contoh heroik yang perlu ditiru dan diteladani oleh generasi penerus," kata Edi.

Pada pertengahan Hari Pahlawan tahun 2022, diselenggarakan kegiatan utama seperti Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, Upacara Ziarah Nasional, dan Tabur Bunga di Laut. Selain itu, adapula kegiatan tambahan yaitu Penguatan Nilai Kepahlawanan bersama para pelajar dan Sarasehan bersama Keluarga Pahlawan, Warakawuri dan Perintis Kemerdekaan.sinpo

Komentar: