Verifikasi Aktual Calon Panglima TNI Dijadwalkan Sore Ini Usai Uji Kelayakan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Desember 2022 | 10:53 WIB
Dave Laksono/Parlementaria
Dave Laksono/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi I DPR RI, dari Fraksi Golkar, Dave Laksono, mengatakan verifikasi aktual calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dijadwalkan sore ini pukul 16.00 WIB usai fit and proper test selesai.


"Fit and proper test Panglima TNI diperkirakan selesai pukul 16.00, lalu akan dilanjutkan dengan verifikasi aktual langsung ke kediaman beliau. Langsung hari ini juga, kita sistem ngebut," kata Dave kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat 2 Desember 2022.

Sementara pagi ini, Komisi I DPR RI akan menerima verifikasi berkas dari calon Panglima TNI terlebih dahulu untuk diperiksa, sebelum dilakukan fit and proper test.

"Pak Yudo sendiri baru menyerahkan berkas, lalu diterima dan kita periksa, berkas sudah sesuai, bila sesuai baru kita laksanakan fit and proper test, jadi memang judul rapat RDPU, akan tetapi sifatnya itu fit an proper test Panglima TNI," paparnya.

Senada dengan pernyataan dari Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, kemungkinan kata Dave, rapat atau uji kelayakan akan dilakukan secara terbuka, dan akan ditutup apabila ada hal-hal yang bersifat sensitif.

"Kemungkinan sih pada saat pemaparan terbuka, tapi pendalaman tertutup karena ada beberapa hal sensitif yg tidak bisa kita buka secara langsung," ungkapnya.sinpo

Komentar: