Dewan Pers SinPo

Pengamat Minta Heru Budi Fokus Jalankan Instruksi Jokowi

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 02 Desember 2022 | 11:10 WIB
Heru Budi/SinPo.id
Heru Budi/SinPo.id

SinPo.id -  Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menilai, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam masa kepemimpinannya selama kurang lebih dua bulan ini, masih menjalankan rutinitas biasa dan belum menciptakan inovasi. 

Menurutnya, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI untuk periode tahun 2023 yang sangat besar. Heru seharusnya dapat segera fokus terhadap tiga instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Dua bulan sebenarnya sudah cukup waktu untuk menyusun rencana program kegiatan, fokus saja sesuai instruksi presiden yakni banjir, macet dan tata ruang, apalagi di APBD 2023 dapat anggaran besar macet 14 triliun dan banjir 10 triliun, tidak perlu banyak program," kata Nirwono kepada wartawan, Kamis 1 Desember 2022. 

Selain itu, kata Nirwono, Heru juga masih sekedar menjalankan rutinitas dan belum terlihat adanya inovasi baru. Padahal, lanjutnya, saat Jakarta sudah memasuki musim penghujan. 

"Program programnya belum ada terobosan berarti masih rutinitas seperti gerebek lumpur, menginstruksikan seluruh wilayah harus bersih, padahal musim hujan sudah masuk dan menuju puncak di Januari-Februari nanti," katanya. 

"Pj Gubernur harus berani buat gebrakan jangan sekadar businees as usual. Dalam mengatas banjir dan kemacetan lalu lintas memang perlu keberanian, ketegasan dan kecerdasan," tambahnya. sinpo

Komentar: