Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 15 Januari 2023 | 14:41 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat tentu menjadi penting untuk meningkatkan kualitas hidup, selain menambah daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit, gaya hidup bersih dan sehat juga bisa membuat orang terdekat turut meniru pola hidup sehat tersebut. 

Selain itu, pola hidup bersih dan sehat juga penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Beberapa hal bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat ini, seperti mengonsumsi makanan sehat, tidur teratur, mengelola stres, membatasi minum alkohol, dan aktif secara fisik. 

Selain itu, mengidentifikasi kebiasaan yang kurang sehat juga bisa dimulai untuk menerapkan gaya hidup sehat ini, selanjutnya, carilah kebiasaan baru yang positif untuk menggantikannya. 

Melansir Halodoc, di bawah ini beberapa manfaat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat: 

1. Mencegah Penyakit 

Kebiasaan sehat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk yang mungkin diturunkan dalam keluarga. Ini termasuk mengonsumsi sayuran dan menggantinya dengan biji-bijian.  Menerapkan hidup sehat lewat olahraga juga dapat meningkatkan imunitas dan kualitas hidup sehingga tidak gampang sakit. 

2. Menghemat Uang 

Sederhananya, ketika kamu mempraktikkan hidup bersih dan sehat, kamu tidak gampang sakit. Ketika kamu tidak sakit, kamu jadi lebih menghemat uang. Dengan begini, kamu tidak akan membutuhkan pengeluaran tambahan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. 

3. Memperpanjang Usia 

Kebiasaan hidup bersih dan sehat berhubungan dengan peningkatan kualitas hidup, yang berarti dapat memperpanjang usia.

Jika, pada usia 50 tahun, kamu tidak merokok, menjaga berat badan sehat, aktif secara fisik, mengikuti diet sehat, dan menjaga konsumsi alkohol dalam jumlah sedang, itu artinya kamu bisa hidup lebih lama.

4. Membiasakan Kebiasaan Baik yang Bisa Ditiru Orang Terdekat 

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat bisa menjadi kebiasaan yang bisa ditiru oleh orang terdekatmu. Kamu pun bisa meneruskan kebiasaan ini kepada anak, dan keluarga untuk dipraktikkan. 

5. Hidup Lebih Bersemangat 

Ketika fisik dan mental sehat, hidup pun jadi lebih bersemangat. Coba bayangkan kalau kamu sakit-sakitan, tentunya hidup jadi kurang bergairah. 

Itulah pentingnya menerapkan perilaku bersih dan sehat, karena memang tubuh perlu memerlukannya. Makanan sehat, sinar matahari, air bersih, dan aktivitas fisik adalah beberapa hal yang membuat hidup lebih berenergi.

6. Menjadi Lebih Percaya Diri 

Nah, kalau kita terbiasa hidup bersih dan sehat, kamu juga otomatis jadi lebih percaya diri. Aktivitas fisik dapat memberikan mood baik, begitu juga praktik hidup bersih yang dimulai dengan memprioritaskan perawatan diri. 


sinpo

Komentar: