PPP soal Pertemuan Rommy dengan Sekjen PDIP: Sahabat Lama

Laporan: Martahan Sohuturon
Kamis, 09 Maret 2023 | 15:02 WIB
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi/Twitter/@acbaidowi
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi/Twitter/@acbaidowi

SinPo.id - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi buka suara ihwal pertemuan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy alias Rommy dengan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 1 Maret 2023 lalu.

Ia menyatakan, pertemuan itu bukan pertemuan resmi antara DPP PPP dengan DPP PDIP, melainkan pertemuan yang berlangsung secara personal antara Rommy dengan Hasto.

"Bahwa pertemuan Gus Rommy dengan Sekjen PDIP Hasto Kristianto itu merupakan pertemuan sahabat lama dan bukan pertemuan resmi antar DPP," kata sosok yang akrab disapa Awiek itu dalam keterangannya pada Kamis, 9 Maret 2023.

Ia berkata, pertemuan resmi antara DPP PPP dengan DPP PDIP baru akan berlangsung dalam waktu dekat. Menurutnya, pertemuan informal antara Rommy dengan Hasto tidak menghasilkan hal-hal yang bersifat mengikat dan hanya menjadi bagian dinamika politik biasa saja.

Awiek pun menegaskan bahwa PPP masih berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN hingga sekarang.

Menurutnya, masing-masing parpol di KIB memang diberikan keleluasaan untuk berkomunikasi dengan parpol lain dalam konteks penjajakan untuk menambah jumlah parpol anggota KIB.

Awiek bilang, KIB akan menjadi sebuah kekuatan besar bila PDIP bergabung kelak.

"Sebagaimana komitmen kami bahwa KIB ini terbuka untuk menambah koalisi. Maka, akan menjadi kekuatan besar jika PDIP berkolaborasi dengan KIB. Jadi konteksnya komunikasi yang dijajaki PPP adalah untuk memperlebar sayap guna menambah kekuatan KIB," kata Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu.

Terkait aspirasi pasangan capres yang bakal diusung di Pilpres 2024, ia menambahkan, semua parpol anggota KIB berhak mengusulkan nama-nama potensial untuk kemudian digodok dan diputuskan secara bersama.sinpo

Komentar: