Petugas Pemilu Meninggal Bertambah Jadi 90 Orang, Baru 20 yang Diberi Santunan

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 23 Februari 2024 | 17:59 WIB
Gedung KPU RI (SinPo.id/rri)
Gedung KPU RI (SinPo.id/rri)

SinPo.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyampaikan, data terbaru petugas Pemilu yang meninggal menjadi 90 orang. Rinciannya, 60 orang petugas KPPS dan 30 orang petugas keamanan di TPS.

"Hari ini Jumat 23 Februari, data yang kami terima dari teman-teman KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, petugas TPS yang meninggal ada 90 orang," kata Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 23 Februari 2024.

Menurut Hasyim, sebanyak 20 petugas TPS yang wafat, telah diberikan santunan, dan beberapa diantaranya masih dalam proses pemberian. 

Adapun kisaran santunannya sesuai Surat Menteri Keuangan S-647/MK.02/2022 melalui Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pilkada, yakni sebesar Rp 36 juta, dan untuk biaya bantuan pemakaman Rp 10 juta.

Kendati demikian, Hasyim menyampaikan duka cita atas wafatnya para petugas TPS yang punya dedikasi tinggi tersebut.

"Kami turut berduka cita kepada saudara kita para anggota TPS yang meninggal. Kami mengucapkan terima kasih kepada keluarganya yang telah memberikan kesempatan kepada para almarhum pada pemungutan penghitungan suara 14 Februari," tukasnya.sinpo

Komentar: