Demokrat Siap Buka Komunikasi Terkait Wacana Istri Kaesang di Pilbup Sleman

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 12 Maret 2024 | 13:28 WIB
Kamhar Lakumani (Sinpo.id/Instagram)
Kamhar Lakumani (Sinpo.id/Instagram)

SinPo.id - Partai Demokrat mengaku siap membuka komunikasi dengan Partai Gerindra terkait wacana mengusung istri Kaesang Pangarep, Erina Sofia Gudono, sebagai calon Bupati Sleman.

"Terkait Pilkada Kabupaten Sleman, belum ada pembahasan. Kita tunggu saja beberapa waktu ke depan, setelah penetapan hasil Pileg, kita langsung masuk pada persiapan Pilkada," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Jakarta, Senin, 11 Maret 2024.

Kendati demikian, Kamhar mengamini partainya belum berkomunikasi langsung dengan Erina terkait Pilkada Sleman. Namun, dia menekankan Demokrat siap membuka komunikasi jika Erina benar-benar serius ingin maju sebagai calon bupati.

"Sampai saat ini belum ada komunikasi dengan Mbak Erina Gudono terkait Pilkada Kabupaten Sleman, namun tentu saja jika ada keseriusan kami tak menutup diri untuk membuka ruang komunikasi," kata dia.

Kamhar menyebut Partai Demokrat saat ini tengah fokus mengawal hasil pemilihan legislatif (pileg). Dia menyatakan Partai Demokrat masih membahas Pilkada 2024 secara umum.

"Sebelumnya di Bappilu sudah melakukan beberapa kali pertemuan, termasuk pembahasan tentang agenda pilkada, namun masih pembahasan secara umum. Jadi belum ada agenda pembahasan yang lebih spesifik, apalagi pembicaraan tentang nama-nama yang akan diajukan pada pilkada mendatang," ucap Kamhar.

Di samping dari itu, Kamhar mengatakan Demokrat telah mempersiapkan kadernya untuk pilkada beberapa daerah prioritas. Partai disebut telah menerbitkan surat tugas mengenai persiapan pilkada daerah terkait.

"Terkecuali pada daerah-daerah yang Partai Demokrat memiliki kader utama yang dipersiapkan untuk maju seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan beberapa daerah lainnya. Itu sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, termasuk juga untuk daerah-daerah yang menjadi perhatian khusus seperti Jawa Timur. Kami telah menerbitkan surat tugas," tegasnya.

Erina Sofia Gudono istri dari putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep diwacanakan menjadi calon bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pihak yang mewacanakan adalah Partai Gerindra Sleman.sinpo

Komentar: